WORLD HERITAGE DAY di YOGYAKARTA

World Heritage Day akan diselenggarakan secara serentak di beberapa titik di Indonesia. Yogyakarta menjadi salah satu titik perayaannya. Kegiatan ini digagas oleh Lontara Project bersama alumni Heritage Camp 2013. kami percaya bahwa remaja adalah agen konservasi pusaka yang paling tepat, karena pengalaman dan daya kreatif mereka sangat tinggi.
Oleh karena itu, kami mengajak teman-teman baik individu maupun komunitas untuk bergabung dalam acara ini. acara ini merupakan wujud sosialisasi kami kepada seluruh warga Yogyakarta tentang perlunya perhatian terhadap pusaka yang notabene memiliki tuntunan untuk mengadvokasi tatanan hidup masyarakat.
Dalam World Heritage Day yang akan kami gelar nanti, akan ada parade buadaya. para partisipan akan menggunakan baju adat, atau baju yang menggambarkan Indonesia, kemudian akan berjalan di sepanjang jalan Malioboro. berawal dari jalan abu abakar ali dan berakhir di benteng Vredeberg. di Benteng nantinya akan ada flashmob dan pentas budaya yang diisi dari beberapa komunitas seni.

Tutorial flashmob –> https://www.youtube.com/watch?v=Px_hJNShMAI&feature=youtube_gdata_player

Twitter CP: @enisimatupang

WORLD HERITAGE DAY di MAKASSAR

Venue: Kedai Buku Jenny, Perumahan Budi Daya Permai
Waktu: 18 April 2013, 04.00 PM – selesai
Judul Acara: OBRAK! (Obrolan Pusaka)

Deskripsi kegiatan: Diskusi ringan mengenai pusaka yang ada di sekitar kamu. Pusaka (heritage) sesuai definisi yang dianut oleh Balai Pelestari Pusaka Indonesia mencakup tiga aspek: pusaka budaya (ragawi, non-ragawi), pusaka alam dan pusaka saujana (kesatuan kondisi alam dan manusia di sekitar lingkungan situs). Diharapkan melalui diskusi ini dapat semakin memperluas perspektif kita semua akan pentingya melestarikan pusaka sebagai warisan leluhur bangsa. Diskusi akan diselingi oleh pemutaran kondisi situs pusaka Makam We Tenri Dio di Selayar serta pusaka Gong Nekara terbesar di dunia yang kurang dijaga. Akan ada penampilan musik akustik dari personil HILITE yang akan membawakan lagu dari La Galigo Music Project.

What you should bring: untuk meramaikan diskusi, yuk bawa foto pusaka yang kamu punya! Dapat berupa benda yang memiliki sejarah di keluarga kamu, atau foto-foto situs yang pernah kamu kunjungi. Bersama-sama kita akan mendiskusikan apa peran pusaka tersebut, masalah yang tengah dihadapinya, serta solusi yang bisa kita aplikasikan untuk melestarikannya.

Twitter CP: @hey_louie

WORLD HERITAGE DAY di JAKARTA

Bidik Misi UNJ presents: Walau Berbeda, Kita Tetap Satu
Ayo sama-sama peringati hari pusaka dan situs se-dunia “World Heritage Day 2013” di Kampus Hijau kita dengan memakai Batik pada tanggal 18 April 2013.

Spesial Kota Tua Jakarta: Flashmob, diskusi bersama Lontara Project dan alumni Heritage Camp 2013, dan Jelajah Malam

Twitter CP: @pu3simatupang

WORLD HERITAGE DAY di SAMARINDA

Kegiatan akan terpusat di Kota Samarinda dan mencoba bekerja sama dengan organisasi Junior Chamber International (JCI) Kaltim dalam pelaksanaannya.
kegiatan yang akan dilaksanakan adalah
1. Lomba mewarnai gambar Ukiran Dayak Untuk Anak PAUD
tujuannya : menanamkan rasa cinta kebudayaan lokal secara dini
2. Jelajah Kampung Bugis Wajo “Cikal Bakal Kota Samarinda”
3. Pentas Seni di Tepian Sungai Mahakam bersama Komunitas-komunitas yang ada di Samarinda

Twitter CP: @adityakurniad

Rangkaian WORLD HERITAGE DAY di BANDUNG

7 April 2013: “Painting Session” at Car Free Day, Dago

14 April 2013: World Heritage Campaign at Car Free Day, Dago

18 April 2013: Online publication rangkaian acara WHD di Bandung

20 April 2013: “Indonesia dalam Bahasa”

Twitter CP: @salsabie

 

Published by Louie Buana

Alumni Universitas Gadjah Mada yang sedang melanjutkan studinya di Universiteit Leiden, Belanda. Pernah mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika Serikat selama setahun di bawah program AFS Youth Exchange & Study (YES). Penulis novel "The Extraordinary Cases of Detective Buran" ini memiliki hobi jalan-jalan, membaca buku, dan karaoke. Find out more about him personal blog.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *