Lontara Project Goes to Selayar

Pada kesempatan kali ini tim Lontara Project mengunjungi Kampung Bitombang yang unik di Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Rumah-rumah panggung di kampung ini ditopang oleh kayu yang tingginya dapat mencapai 10 meter. Potensi pariwisata tersembunyi di pedalaman perairan nusantara.

Makam Gallarang To Pute Rarana (Punggawa Berdarah Putih) dan seorang lagi punggawa yang tidak dikenal. Terletak tidak terawat di tepi jalan, wilayah Putabangun, Pulau Selayar, Sulawesi Selatan. Kedua punggawa ini merupakan pengawal We Tenri Dio, putri Sawerigading yang menjadi ratu di Selayar. Kedua pengawal ini menurut cerita setempat tergolong sebagai “To Manurung” atau orang yang turun dari langit. Mereka adalah keturunan dewa yang turun ke bumi untuk memimpin umat manusia.

Informasi lebih lanjut mengenai situs ini dapat dibaca di Lontara Project Goes to Selayar II – Pulau Warisan La Galigo

Warga desa Bontosunggu sedang mempraktekkan tradisi Barazanji sebagai bagian dari prosesi akikah. Masyarakat Selayar yang 90% beragama Islam menghidupkan tradisi keagamaan ini dalam berbagai aktifitas kehidupan mereka, seperti membangun rumah, akikah, dan pernikahan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *