La Galigo Pelayaran ke Tanah Cina

La Galigo Pelayaran ke Tanah Cina

Banyak yang penasaran dengan cerita yang dikisahkan dalam La Galigo. Namun berhubung tidak banyak terjemahan yang tersedia (serta belum lengkapnya usaha para ahli untuk menerjemahkan 12 volume manuskripnya), hanya sedikit yang mengetahui inti cerita naskah terpanjang di dunia ini. Di sini kami berusaha untuk merangkum ke-300.000 baris teksnya ke dalam tiga buah paragraf untuk Anda, pecinta La Galigo muda ūüôā

Dahulu kala, orang Bugis memiliki kepercayaan tentang keberadaan dewa-dewi yang ¬†mendiami tiga dimensi berbeda. Dimensi pertama ialah¬†Boting Langiq¬†(kerajaan langit) atau yang biasa disebut “dunia atas”. Ada¬†Buriq Liu¬†(kerajaan bawah laut) atau disebut juga P√©r√©tiwi (dunia ¬†bawah). Dimensi ketiga yang berada di antara keduanya ialah¬†Al√© kawaq, bumi yang kita tempati.

Dalam Naskah ‚ÄúMula Tau‚ÄĚ diceritakan bahwa Patoto√© atau Dewa Tertinggi yang bertahta di ¬†Boting Langiq mempunyai saudara perempuan bernama Sinauq Toja, dewi di P√©r√©tiwi. Sinauq Toja kawin dengan Guru Ri Selleq dari P√©r√©tiwi, sementara ¬†Guru Ri Selleq juga mempunyai saudara perempuan¬†bernama¬†Datu Palinge. Datu ¬†Palinge inilah yang menjadi istri Patoto√©.¬†Perkawinan Patoto√© dengan Datu Palinge membuahkan beberapa anak. Salah satunya bernama La Togeq Langiq yang selanjutnya diutus ke bumi untuk menjadi penguasa di sana. La Togeq Langiq lebih dikenal dengan gelar Batara Guru di dalam naskah-naskah La Galigo. Batara Guru kemudian kawin dengan sepupunya dari P√©r√©tiwi bernama W√© Nyiliq Timoq, dimana selanjutnya dari W√© Nyiliq Timoq lahirlah Batara Lattuq, ayah Saw√©rigading.¬†Saw√©rigading inilah yang kemudian menjadi ayah I La Galigo (Nurhayati Rahman, 2006:13).

Saw√©rigading dikisahkan memiliki saudara kembar perempuan yang bernama W√© Tenriab√©ng, yang dipisahkan sejak lahir karena sebagai “Anak Kembar Emas”, ditakutkan mereka berdua akan saling jatuh cinta saat dewasa.¬†Namun pada kenyataannya, Saw√©rigading bertemu dengan W√© Tenriab√©ng di sebuah jamuan makan tanpa sengaja, terjadilah apa yang ditakutkan selama ini. Singkat cerita, Saw√©rigading gagal meminang adik kandungnya sendiri karena hal itu sangat bertentangan dengan adat dan kebiasaan, dan akhirnya memutuskan berlayar menuju tanah Cina. Ditemani pengawal dan ajudan-ajudannya, Ia menemui Putri Cina bernama I W√© Cudai untuk dinikahi. Dari keseluruhan cerita, petualangan Saw√©rigading ke tanah Cina lah yang paling mendominasi dan menjadi topik hangat yang sering diperbincangkan oleh para peminat kisah La Galigo. Epik La Galigo adalah rangkaian cerita dari beberapa generasi keturunan Tomanurung (anak-cucu para dewa) yang berisi petualangan seru, magis, dan penuh dengan drama.

Setia Negara

Setia Negara

Setia Negara is a Front-End Web Designer. He is stubborn and lazy. Currently work as freelancer at Phinisi Studio and still a final-year students at Informatics Engineering at Institut Teknologi Bandung. He has a personal blog and you can follow his twitter at @setianegara.